Listrik Statis

Refrensi dari a-jelajahnews

Listrik Statis
Listrik statis adalah listrik yang tidak mengalir , ini adalah salah satu gejala kelistrikan akibat ketidakseimbangan muatan((proton(+) , elektron(-))

Induksi Listrik
HEYEH , aku mengenai induksi listrik sampek bosen , aku baca-baca terus , aku tanyain sama guru les , dan segala macam cara . dan pada akhirnya , hari ini . tanggal 28 september 2010 . aku mengerti maksud dari induksi setelah diterangkan oleh guru les ku dan aku membaca sebuah artikel di buku pemkot-fisika.

begini ceritanya
misalkan ada bola yang bermuatan (-) sebut saja bola A lalu Bola B netral( jmlh proton = jmlh elektron). nah apa yang terjadi bila kedua bola tersebut di sentuhkan/ditempelkan/didekatkan (sama saja).
Saat kedua bola tersebut di dekatkan , maka bola B akan menempel dengan bola A , maka terjadi pemisahan muatan di bola B , lihat gambar :





setelah itu , bola B akan mendapat elektron dari bola A . sesuai dengan rumus bahwa elektron mengalir dari potensial rendah(kelebihan elektron) ke potensial tinggi(kekurangan elektron)
perlu diketahui bahwa yang hanya dapat berpindah adalah elektron , proton tidak bisa . namun dalam beberapa pandangan , ada yang mengatakan proton bisa berpindah(di bahas di listrik dinamis-perjanjian konvensional). beda potensial juga dibahas di listik dinamis , hanya saya singgung sedikit.

maka pada bola B akan bermuatan negatif , jumlah elektron akan sama dengan bola A(misal bola A -14 maka akan berpindah ke bola B , menjdai (bola A -7 , bola B -7) , (sesuai rumus , bila elektron sudah sama diantara kedua benda maka tidak akan terjadi perpindahan) begitu juga dengan protonnya akan berpindah(sesau perjanjian konvensional-pandangan) proton juga bila sudah sama antara kedua benda tersebut maka tidak akan berpindah.

misalkan bola A memiliki +18 maka proton dari bola A akan berpindahke bola B menjadi (bola A +9 , bola B +9) maka dari itu mengapa saat kita menggosok penggaris ke rambut lalu bisa menarik kertas-kertas kecil , lalu beberapa detik kemudian tidak bisa lagi. harus digosok lagi, dikarenakan muatan penggaris dan kertas menjadi sama( atau menjadi sejenis) setelah beberapa detik itu dikarenakan beda potensial tadi. namun tidak mungkin kedua-duanya(A DAN B) menjadi netral.

muatan

sejenis(tolak-menolak)
tidak sejenis(tarik-menarik)

tapi ini tidak ada kaitannya dengan magnet , magnet itu dibahas dalam bab khusus. jadi jangan mengait-ngaitkan dengan magnet , itu bisa membuat kamu tambah pusing... heehehe :D

soal-soal

Benda A. bermuatan +16 coulomb . dan benda b netral . maka bila di dekatkan apa yang terjadi dengan benda B .

jawabnya : benda B akan di beri proton oleh benda A , jadi 16 : 2 = 8 . maka benda A memiliki 8 proton dan benda B. 8 proton (karena sudah sama tidak akan berpindah)

kesimpulan : benda B , mendapat +8 coulomb dari benda A.

perjanjian konvensional itu menganggap seolah-olah proton bisa berpindah


Posted under:

Share this post

design

~Design By-ilham fadhilah.